Monday, August 5, 2019

Apa itu EV Compensation?

Apa itu EV Compensation? Kapan kita menggunakannya?. Pertanyaan itu sering diucapkan oleh praktisi foto terutama yang menggunakan kamera DSLR/Mirrorless.

Gambar diatas adalah symbol dari EV Compensation. EV Compensation sendiri digunakan saat kita menggunakan menu :
1. Av/A (Aperture Priority)
2. Tv/S (Shutter Priority)

Pada saat kita menggunakan kedua menu diatas maka pencahayaan akan diatur oleh kamera sesuai dengan metering yang kita gunakan. Namun adakalanya hasil pengukuran metering tidak sesuai dengan harapan kita. Misal terlalu terang atau terlalu gelap, bagaimana cara kita menurunkan/menaikkan pencahayaan sedangkan semua sudah otomatis diatur oleh kamera?. Nah inilah fungsi dari EV Compensation. Kita masih bisa menaikkan atau menurunkan tingkat pencahayaan meskipun menggunakan menu Av/Tv.

Saat kita mengaktifkan tombol EV Compensation maka kita bisa menggeser garis (=metering indicator) dari tengah titik nol itu ke arah kanan atau kiri. Jika kita geser ke arah +(plus) maka pencahayaan akan ditambah sampai maksimal 3 Stop. Jika kita geser ke arah -(minus) maka pencahayaan akan dikurangi sampai maksimal 3 Stop.

Mudah bukan?. Untuk contoh praktek dengan hasil fotonya, teman-teman bisa lihat disini. Selamat mencoba, kalian juga boleh bertanya lho.. tulis aja pertanyaan kalian pada kolom komentar, Ok?.

Fotografi itu asyik!!.



No comments:

Post a Comment