Monday, August 5, 2019

Cara menggunakan metering pada kamera

Pernah motret hasilnya terlalu terang/gelap saat menggunakan mode Tv/Av? Mungkin ada kesalahan dalam pengaturan metering. Yuk simak penjelasan berikut.

Fungsi metering adalah untuk pengukuran kecerahan subjek dan memutuskan seberapa banyak
pencahayaan yang terbaik untuk subyek tersebut.
Gambar dibawah ini adalah simbol metering dari 2 kamera yang berbeda.



Average atau Matrix.
Kamera akan mengkalkulasi pencahayaan rata-rata untuk seluruh subyek didalam frame. Kamera menentukan pencahayaan berdasarkan analisis komposisi, warna dan distribusi kecerahan. Direkomendasikan dalam kebanyakan situasi terutama untuk potret lansekap, city scape, pemotretan wide angle.

Center weight average
Kamera masih mengandalkan pengukuran dari rata-rata seluruh frame namun lebih memprioritaskan pengukuran pada bidang tengah foto. Biasanya dipakai untuk portrait, street photography, foto fauna.


Spot
Kamera mengukur kondisi pencahayaan di daerah tengah bingkai setara dengan 2-2,5% dari total luas frame. Direkomendasikan untuk subyek yang mengalami pencahayaan beda kontras yang tinggi atau kondisi dimana latarbelakang jauh lebih terang atau lebih gelap. Pengukuran cenderung mengabaikan intensitas cahaya di luar area tengah itu.

Bagaimana pengaruhnya di foto?, untuk lebih jelasnya kita praktek langsung aja yuk, silahkan lihat disini untuk hasil contoh fotonya. Selamat mencoba.

Fotografi itu asyik!!




No comments:

Post a Comment